SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (PROTECT IP Act)

Ide ilustrasi: http://americancensorship.org/infographic.html

Hari ini, setelah beberapa hari tidak berkeliaran di dunia maya, saya menemukan sebuah artikel di WordPress.org→ yang berjudul Help Stop SOPA/PIPA→. Setelah membaca sekilas, karena saya tidak bisa bahasa Inggris, saya hanya menangkap beberapa yang baru saya dengar. Pertama, SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (PROTECT IP Act). Di mana PROTECT IP Act merupakan kependekan dari Preventing Real Online Threats to Economic Creativity and Theft of Intellectual Property Act. Keduanya adalah Rancangan Undang-Undang yang nantinya mengatur tentang pembajakan hak cipta di dunia maya. Kedua, adanya perang melawan niatan pemerintah AS untuk menyensor internet di AS. Meskipun belum dilaksanakan, tapi undang-undang yang mengatur penyensoran tersebut kemungkinan besar akan disetujui oleh anggota senat AS.

Untuk melengkapi informasi dari artikel tersebut, saya putuskan untuk mencari artikel-artikel terkait dalam bahasa . Alhamdulillah, saya menemukan beberapa artikel lain. Seperti:

  1. Ancaman Sensor Internet AS, Perang ‘Hollywood vs Silicon Valley’ Kian Sengit→ dari Republika.co.id
  2. Melawan Sensor Internet, Grup Hacker Berencana Meluncurkan Satelit Sendiri→ dari idBite.com

Bagi yang tertarik dengan SOPA dan PIPA, tidak ada salahnya membaca dua artikel tersebut.

Diterbitkan oleh

Fikri

Seorang blogger yang juga pecinta bahasa, sastra, matematika dan pendidikan.

4 tanggapan untuk “SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (PROTECT IP Act)”

  1. yang jadi pertanyaannya, konten2 apa aja yang bakalan diblokir.. dan apakah situs2 file hosting macam 4share, mediafire bakal kena blokir juga. dilenyapkan peredarannya di internet?

  2. Entah, ya… kalau menurut saya RUU-nya bagus koq dan pantas diterapkan. Permasalahannya mungkin karena budaya AS yang terbiasa tanpa sensor. Tapi saya sendiri memang belum paham apa saja yang disensor. Kalau tulisan yang vokal sebaiknya jangan disensor, ya…..

Beri Tanggapan (Bisa gunakan akun Facebook atau Twitter)

