Kliping, Apa Maknanya?

Kliping Berita

Kliping, Sebuah Kata Baku, kah?

Seharian saya disibukkan oleh kata kliping. Kata yang tidak asing lagi di telinga, tapi kurang tahu makna sebenarnya. Sebagaimana kebiasaan saya, ketika mendapati sebuah kata yang kurang saya pahami kebakuannya, maka segera saya mencarinya di ebook KBI yang saya unduh dari Buku-e Lipi→. Ternyata, kata “kliping” tidak saya temukan di sana. Lalu, saat ada kesempatan, saya mencarinya di KBBI Daring→. Ah, ternyata tidak ketemu juga. Entah kata ini ada atau tidak di dalam KBBI versi cetak—sudah lama saya ingin memiliki KBBI versi cetak, tapi belum kesampaian juga. Langkah selanjutnya, saya putuskan untuk meminta bantuan Google→. Akan tetapi, tidak banyak yang saya dapatkan.

Oh ya, sebelumnya saya menuliskan keingintahuan saya tentang kliping ini dalam status Facebook saya. Sayangnya, sampai sekarang tidak ada tanggapan yang memuaskan. Sampai sekarang pun saya masih penasaran dengan si Kliping ini. Kalau memang kliping bukan kata baku, apa kata padanan yang baku dari kliping? Sungguh hingga saat ini saya belum mengetahuinya.

Makna Kata Kliping

Menurut Lasa Hs, dalam makalahnya yang berjudul KLIPING: Penyusunan dan Pemberdayaannya, kliping merupakan kegiatan pengguntingan atau pemotongan bagian-bagian surat kabar maupun majalah, kemudian disusun dengan sistem tertentu dalam berbagai bidang sesuai dengan minat sehingga tidak semua berita atau artikel harus dikliping.

Adapun tujuan dari kliping, masih menurut beliau, adalah:

  1. Menyimpan dan melestarikan kekayaan intelektual manusia.
  2. Menyebarluaskan ide dan gagasan kepada orang lain.
  3. Merangkum beberapa pemikiran dalam suatu bidang.
  4. Memupuk kreativitas
  5. Menunjang pemenuhan keperluan informasi tertentu.

Referensi

Lasa Hs, KLIPING: Penyusunan dan Pemberdayaannya diunduh dari Perpustakaan Universitas Gajah Mada→

Update 5 januari 2012:

Ternyata kata kliping tercantum di dalam KBBI dengan makna sebagaimana tertulis dalam KBBI sebagai berikut:

kliping n guntingan artikel atau berita dari surat kabar, majalah, dan sebagainya yang dianggap penting untuk disimpan atau didokumentasikan;

mengkliping v 1 menggunting artikel, berita dan sebagainya dari koran, majalah, dan sebagainya kemudian menempelkan pada kertas lain (kartu) untuk dokumentasi; 2 menjepit dengan klip: pegawai poliklinik itu ~ kartu-kartu pasien;

pengklipingan n pengguntingan artikel, berita, dan sebagainya (dari koran, majalah, dan sebagainya) untuk dokumentasi

Diterbitkan oleh

Fikri

Seorang blogger yang juga pecinta bahasa, sastra, matematika dan pendidikan.

19 tanggapan untuk “Kliping, Apa Maknanya?”

  1. Menurut saya yang bukan ahli bahasa, kliping itu kata serapan dari kalimat “clip” yang dalam bahasa Indonesianya klip, menurut KBBI ada 2 makna :
    1. klip [n] alat untuk menjepit lembaran kertas menjadi satu, dibuat dr kawat atau plastik
    2. klip [n Tern] hasil pencukuran wol domba per tahun.
    sudah jelas berarti klip + ing = kliping, bukan kata baku, tapi kata serapan tidak baku….[mungkin ?? :)]

  2. Fikri apa kabar ?
    Thanks untuk share rasa penasaran-nya / keingintahuan-nya🙂
    # he he jadi inget sama Ayah dulu suka buat Kliping untuk saya🙂
    Jadi ikutan mencari-cari arti kata Kliping ini. Cukup sering mengerjakannya tapi ternyata (saya) alpa untuk mencari arti kata ini dalam Bahasa Persatuan kita

    Ada sedikit penjelasan mengenai kata Kliping dalam Bahasa Inggris – Clipping – yang saya dapatkan dari http://www.thefreedictionary.com ( sedikit penambahan pengetahuan tetaplah sangat berharga🙂 ) , Kutipannya seperti dibawah ini Fikri :

    clip·ping (klpng)
    n.
    1. Something cut off or out, especially an item clipped from a newspaper or magazine.
    2. See clipped form… http://www.thefreedictionary.com/clipped+form
    *The American Heritage® Dictionary of the English Language, Fourth Edition copyright ©2000 by Houghton Mifflin Company. Updated in 2009. Published by Houghton Mifflin Company. All rights reserved.

    clipping [ˈklɪpɪŋ]
    n
    1. (Communication Arts / Journalism & Publishing) something cut out or trimmed off, esp an article from a newspaper; cutting
    2. (Electronics) the distortion of an audio or visual signal in which the tops of peaks with a high amplitude are cut off, caused by, for example, overloading of amplifier circuits
    adj
    (prenominal) Informal fast a clipping pace
    * Collins English Dictionary – Complete and Unabridged © HarperCollins Publishers 1991, 1994, 1998, 2000, 2003

    Noun 1. clipping – an excerpt cut from a newspaper or magazine; “he searched through piles of letters and clippings”
    newspaper clipping, press clipping, press cutting, cutting
    excerpt, excerption, extract, selection – a passage selected from a larger work; “he presented excerpts from William James’ philosophical writings”
    2. clipping – cutting down to the desired size or shape
    trimming, trim
    cutting off, cutting, cut – the act of shortening something by chopping off the ends; “the barber gave him a good cut”
    pruning – the act of trimming a plant
    3. clipping – the act of clipping or snipping
    snip, clip
    cutting off, cutting, cut – the act of shortening something by chopping off the ends; “the barber gave him a good cut”
    pinch, nip – a small sharp bite or snip
    *Based on WordNet 3.0, Farlex clipart collection. © 2003-2011 Princeton University, Farlex Inc.

    Happy Blogging & Thanks 4 sharing Sob🙂

      1. 🙂 he he Fikri … justru karena saya pun ga’ pandai Bahasa Inggris … jadi cuma bisa tempel kutipan-nya ( plus URL sumber-nya ) tanpa bisa tuliskan terjemahan-nya.
        BTW, saya penasaran dengan Bms yang melekat pada nama Fikri … apa ya kepanjangan / artinya?

      1. xi xi xi ,,, kalo ada kata Master jadi inget Film Kungfu China dengan dialog … ” Master … Master would you teach me some Kung Fu, Please” ( bacanya dengan dialek China ya).
        Kalau saya sih jangan ditanya bahasa Inggrisnya …. Jago??? Bukan …. tapi Ngawur!!! he he he🙂

        Oya Admin Kami Dari Semua Ariko (Co) dan Sofia anak kecil kelas 2 SD (Ce) adalah Puteri saya sekaligus sebagai Asisten Admin🙂

        BTW, kita semua pasti setuju kalau Sobat kita Fikri seringkali menghadirkan postingan yang tak terduga sekaligus bermanfaat … SUPER

  3. Mungkin dengan polosnya sampai sekarang saya percaya kalau kliping itu termasuk kosakata bahasa Indonesia yang baku. Orang yang jarang membuat kliping seperti saya mungkin jarang memperhatikan kebakuan kata kliping karena memang jarang bergelut dengan kliping. Eniwey, Nice info, saya jadi tahu satu hal lagi.

  4. sumpah gan ane baru tahu kalau makna si-kliping demikian ….😉
    bisa untuk dijadikan referensi nih ….
    kalau benar-benar kita meneliti setiap kata yang belum mengetahui makna sebenarnya memang sungguh melelahkan … tapi setiap hal juga mungkin butuh pengorbanan ….
    saya selama ini mencari juga masalah kliping ini, akhirnya disini solusinya ….🙂

  5. Kalo cuma guntingan gambar2 saja tanpa keterangan apa2 itu bsa di katagorikan Kliping Master, Mohon pencerahan… bab anak ane dpt tugas bikin kliping flora dan fauna, tapi gambarnya saja tanpa keterangannya..,

    1. Kliping harus memuat deskripsi dari gambar-gambar tersebut. Karena informasi dalam deskripsi/keterangan tersebutlah yang menjadi inti dari sebuah kliping.

  6. Terima kasih untuk info mengenai klippig, karena saya ingin buat aktifitas tentang kliping jadi research dulu tentang makna dulu. Tidak sengaja saya menemukan Blognya mas Fikri. jadi sangat membantu dan tercerahkan . . terima kasih mas FIKRI… sukses untuk anda

Beri Tanggapan (Bisa gunakan akun Facebook atau Twitter)

