Mengunduh File di Internet, Dipidanakah?

Sore tadi saya membaca artikel seorang teman yang berjudul Buy Music Legally via iTunes→. Isi artikel tersebut seputar kesadaran penulis tentang perbuatan mengunduh file-file musik sebagai tindakan yang salah. Saya pun setuju dengan sikap seperti itu bahwa mengunduh, memperbanyak dan perbuatan semisalnya atas file/barang yang berhak cipta (HAKI) tanpa izin memang dilarang.

Namun, tanpa sengaja saya membaca artikel lain berjudul Mengunduh Lagu dari Situs Internet Diancam Pidana?→. Adapun artikel kedua merupakan sebuah tanya-jawab terkait unduh-mengunduh dihubungkan dengan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan UU Hak Cipta (UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta—red). Ternyata, mengunduh lagu dari situs internet untuk kepentingan sendiri ataupun orang lain tidak dapat dianggap pelanggaran hak cipta jika dilakukan dengan cara dan tujuan sebagaimana dijelaskan pada UU Hak Cipta—menerapkan UU ITE tidak tepat untuk masalah unduh-mengunduh ini. Itu kiranya kesimpulan artikel tersebut.

Berikut ini isi pasal 15 UU No. 19 Tahun 2002→:

Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

  1. penggunaan Ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta;
  2. pengambilan Ciptaan pihak lain, baik seluruhnya maupun sebagian, guna keperluan pembelaan di dalam atau di luar Pengadilan;
  3. pengambilan Ciptaan pihak lain, baik seluruhnya maupun sebagian, guna keperluan:
    1. ceramah yang semata-mata untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan; atau
    2. pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.
  4. Perbanyakan suatu Ciptaan bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra dalam huruf braille guna keperluan para tunanetra, kecuali jika Perbanyakan itu bersifat komersial;
  5. Perbanyakan suatu Ciptaan selain Program Komputer, secara terbatas dengan cara atau alat apa pun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum, lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan, dan pusat dokumentasi yang nonkomersial semata-mata untuk keperluan aktivitasnya;
  6. perubahan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan pelaksanaan teknis atas karya arsitektur, seperti Ciptaan bangunan;
  7. pembuatan salinan cadangan suatu Program Komputer oleh pemilik Program Komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri.

Diterbitkan oleh

Fikri

Seorang blogger yang juga pecinta bahasa, sastra, matematika dan pendidikan.

5 tanggapan untuk “Mengunduh File di Internet, Dipidanakah?”

  1. Menarik.🙂

    Saya inginnya sih mengunduh dengan legal, via iTunes atau BeatPort, gitu. Tapi saya gak punya (belum punya) kartu kredit.😦

    Dan saya sendiri merasa, selama saya mengunduh mp3 atau video hanya untuk saya sendiri, itu tak mengapa.:mrgreen: BSJSS, yang salah adalah jika saya mengunduh video atau mp3, lalu saya burn ke CD, dan saya menjualnya demi keuntungan saya sendiri.😀

  2. Keren om artikelnya.🙂

    kalau aku pilih yang legal aja om, mumpung bisa dilakukan sekarang. Kalau dulu sih belum begitu melek, jadi download aja lagu (bajakan) secara mekucing buta.🙂

  3. Nah yang sering copas-copas cuma pengen dapet blog visitor, musti hati-hati alias kembalilah ke…..ke laptop!!! [#bukan 4 mata…whahahaha]…..info yang menarik mas fikri…hentakan di awal tahun…. 4 jempol….🙂🙂🙂🙂

Beri Tanggapan (Bisa gunakan akun Facebook atau Twitter)

